Jumat, 19 September 2014

Berita 1 (Pertanian)

Budidaya Secara Vertikultur, Media Kreatifitas dengan Hasil Berkualitas

Vertikultur, berasal dari Bahasa Inggris vertical dan culture yang artinya adalah sistem budidaya pertanian yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat, baik indoor maupun outdoor. Sistem budidaya pertanian secara vertikal atau bertingkat ini merupakan konsep penghijauan yang cocok untuk daerah perkotaan dan lahan terbatas.
Misalnya, lahan 1 meter mungkin hanya bisa untuk menanam 5 batang tanaman, dengan sistem vertikal bisa untuk 20 batang tanaman. Vertikultur tidak hanya sekadar kebun vertikal, namun ide ini akan merangsang seseorang untuk menciptakan khasanah biodiversitas di pekarangan yang sempit sekalipun.
Struktur vertical memudahkan pengguna membuat dan memeliharanya. Pertanian vertikultur tidak hanya sebagai sumber pangan tetapi juga menciptakan suasana alami yang menyenangkan. Model, bahan, ukuran, wadah vertikultur dapat disesuaikan sesuai kondisi dan keinginan. Pada umumnya adalah berbentuk persegi panjang, segi tiga, atau dibentuk mirip anak tangga, dengan beberapa undak-undakan atau sejumlah rak.Berdasarkan filosofi vertikultur yakni memanfaatkan benda-benda bekas di sekitar kita, maka bahan untuk wadah vertikultur dapat berupa bambu atau pipa paralon, kaleng bekas, bahkan lembaran karung beras, yang terpenting kuat dan mudah dipindah-pindahkan.
Tanaman yang akan ditanam sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan memiliki nilai ekonomis tinggi, berumur pendek, dan berakar pendek. Budidaya secara vertikultur sering dilakukan untuk tanaman sayuran antara lain selada, kangkung, bayam, pokcoy, caisim, katuk, kemangi, tomat, pare, kacang panjang, mentimun dan tanaman sayuran daun lainnya. Untuk tujuan komersial, pengembangan vertikultur ini perlu dipertimbangkan aspek ekonomisnya agar biaya produksi jangan sampai melebihi pendapatan dari hasil penjualan tanaman. Sedangkan untuk hobiis, vertikultur dapat dijadikan sebagai media kreatifitas dan memperoleh panenan yang sehat dan berkualitas.
Sumber dan informasi lebih lanjut : Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura

0 komentar:

Posting Komentar