Jumat, 19 September 2014

Berita 2 (Peternakan)

Kampung Boerka di Kabupaten Asahan Sumatera Utara
Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Loka Penelitian Kambing Potong (Lolit Kambing),  di Sungai Putih Sumatera Utara telah melaksanakan program persilangan kambing Boer dengan kambing Kacang. Persilangan kedua bangsa ini menghasilkan kambing Boerkadengan laju produktivitas yang lebih tinggi dibanding kambing lokal.
Keunggulan lainnya, kambing Boerka mampu beradaptasi dengan kondisi tropik-basah dengan input produksi (pakan) yang moderat atau sedang serta berpotensi dikembangkan oleh peternak tradisional maupun komersial di Indonesia.
Balitbangtan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan mengembangkan kambing Boerka melalui pembentukan Kampung Kambing Boerka yang berlokasi di Desa Sukadamai, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan Sumatera Uttara.
Penandatanganan naskah dan MOU Kampung Kambing Boerka 2 September 2014 minggu lalu antara Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. Bess Tiesnamurti dengan Bupati Asahan Drs. H. Taufan Gama Simatupang MAP.
Dalam sambutannya, Bupati Asahan sangat antusias dengan adanya program Kampung Kambing Boerka ini dan menyampaikan agar semua pihak baik Pemda dan Peternak dapat mendukung program ini, salah satunya upaya mendukung program ini supaya jangan memotong ternak yang masih produktif yang akan berakibat pada menurunnya populasi.
Kepala Dinas Tk I Provinsi Sumatera Utara yang turut hadir pada peresmian ini berharap pembentukan Kampung Kambing Boerka menjadi contoh yang berhasil untuk wilayah lainnya, usaha peternakan dan usaha – usaha lainnya dapat berjalan dengan baik dan berhasil apabila didukung oleh Kepala Daerahnya.
Sumber dan informasi lebih lanjut : Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan

0 komentar:

Posting Komentar